Article

Shape clay into a vessel; It is the space within that makes it useful. Cut doors and windows for a room; It is the holes which make it useful. Therefore benefit comes from what is there; Usefulness from what is not there.

aku ingin bercerita tentang teko. semua orang tau teko adalah sebuah benda terbuat dari tanah liat (keramik) yang berfungsi sebagai wadah air minum seperti teh, jamu, wedhang uwuh dll.

benda ini umumnya berbadan gemuk supaya dapat menampung air banyak, memiliki tutup, ada corong mungil serta pegangan untuk menuangkan minuman ke dalam cangkir. di Indonesia bahkan di dunia teko atau teapot memiliki variasi bentuk, desain bahkan fungsi bermacam macam. hal ini sangat mudah dijumpai di berbagai sumber seperti literatur jurnal, sosial media atau secara langsung. apa lagi di zaman sekarang perkembangan teknologi sudah seperti halnya dapat memenuhi segala informasi yang kita butuhkan seperti sejarah, artikel, tutorial, gambar bahkan video.

kembali ke topik 🙂

pada artikel ini bukan sebuah review sejarah atau bahkan jurnal yang dapat dijadikan catatan kaki dalam skripsi melainkan aku hanya mencoba berbagi pengalaman yang aku sukai. wkwkwkwk okey…

teko menurutku adalah benda keramik yang umum tapi proses penciptaanya cukup rumit. sangat jelas nampak ada beberapa bagian dari teko; badan, corong, tutup dan handle. semua itu di buat dengan teknik putar secara terpisah kecuali handle dengan teknik pilin, kemudian baru di gabungkan menjadi satu kesatuan. tidak hanya itu mereka harus sesuai dengan ukuran satu sama lain supaya match. sedangkan tanah liat adalah material hidup. bagaimana bisa? ya… dia dapat bergerak sendiri seperti melengkung, memuai atau bahkan retak. seringkali aku merasa gila dengan itu, namun aku belajar dari proses ini. untuk mencapai sebuah keinginan tentu harus selalu terus mencoba walaupun berulang kali gagal.

aduh… kalau diinget proses ini rasanya jlimet sekali dan membutuhkan masa yang panjang. tapi man, aku belajar banyak melalui ini.

Sidik Purnomo

Image

Categories: Design, Ceramics Tags: #html, #trends

Loading...